Tiga Tim Mahasiswa IPB University Meraih Juara Pada Kompetisi GreenHack Challenge 2023

Tiga Tim Mahasiswa IPB University Meraih Juara Pada Kompetisi GreenHack Challenge 2023

Tiga Tim Mahasiswa IPB University Meraih Juara Pada Kompetisi GreenHack Challenge 2023
Prestasi

Tiga tim mahasiswa dari IPB University berhasil meraih predikat juara dalam GreenHack Challange, Biodiversity & Ecotourism App Hackathon 2023. Kompetisi dengan tema “Hack the Biodiversity: Elevating Indonesia Ecotourism through Technology” ini adalah sebuah kompetisi tingkat mahasiswa di perguruan tinggi baik dalam dan luar negeri dalam bentuk pengembangan aplikasi berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan teknologi ESRI.

Kompetisi yang diadakan secara daring ini merupakan bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang diselenggarakan oleh Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University.

Tim pertama dengan nama proyek The SIMS (Sustainable Identification Management System), berhasil meraih juara kedua dengan mengusung aplikasi pelaporan digital yang dirancang untuk perlindungan kawasan hutan dalam konteks kemitraan konservasi. Tim kedua, mengusung proyek dengan nama Suggests, berhasil meraih peringkat ketiga. Suggests dirancang untuk dapat membantu untuk memberikan informasi secara langsung permasalahan yang terjadi di kawasan pariwisata.

Sementara itu, tim ketiga mengusung proyek dengan nama GRoute, menjadi juara harapan kedua. Proyek yang diusung bertujuan untuk memetakan jalur hijau di perkotaan sambil memberikan edukasi terkait pengenalan jenis pohon yang terdapat pada jalur hijau.

Canserina Kurnia, salah satu juri dari Esri Global Inc, menyatakan, “Semua karya yang dipresentasikan sangat baik. Saya rasa kreativitas dan inovasi yang dibuat menunjukkan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan dan isu-isu terkait. Semua permasalahan yang dikemukakan dapat diatasi dengan SIG.

Ketiga tim ini tidak hanya membanggakan institusi, tetapi juga menegaskan bahwa IPB University memiliki potensi besar dalam menghasilkan inovator muda yang mampu memberikan kontribusi positif dalam mengatasi tantangan lingkungan global.

IPB University dan DKSHE berkomitmen untuk terus mendukung dan mendorong partisipasi mahasiswanya dalam kompetisi-kompetisi tingkat internasional dengan mengedepankan kreativitas dan inovasi. Keberhasilan tiga tim mahasiswa ini menjadi bukti nyata bahwa IPB University tidak hanya menjadi tempat pendidikan unggul, tetapi juga tempat lahirnya generasi masa depan yang peduli akan isu-isu lingkungan global. (*/Lp)