Reuni Perak AGB 35 IPB University Dukung Mitigasi Bencana Longsor

Reuni Perak AGB 35 IPB University Dukung Mitigasi Bencana Longsor

Reuni Perak AGB 35 IPB University Dukung Mitigasi Bencana Longsor
Berita

Alumni Departemen Agribisnis (AGB) IPB University angkatan 35 berkolaborasi dengan Sebumi.id dan Paguyuban Lingkar Cianten melakukan penanaman sebanyak 60 pohon jenis rasamala. Jumlah pohon tersebut merupakan simbol dari AGB 35 pada Reuni ke-25 dan Dies Natalis ke-60 IPB University.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mendukung program restorasi lahan kritis Taman Nasional Gunung Halimun Salak di wilayah Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor, Jawa Barat (11/11).

“Penanaman pohon ini merupakan salah satu bentuk kegiatan Reuni Perak AGB 35 IPB University di bidang lingkungan. Sesuai tema kegiatan reuni, yakni Kembali ke Bogor, maka kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian alumni AGB 35 terhadap kondisi lingkungan di wilayah sekitar Kampus IPB University,” jelas Hendra Toulanyo, salah satu perwakilan alumni.

Kegiatan ini, sebutnya, juga diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar lokasi, meliputi antisipasi terjadinya bencana longsor dan memberikan alternatif pendapatan sebagai tenaga kerja program penanaman. Selain itu, pohon yang ditanam juga akan berfungsi sebagai penyerap karbon dan mereduksi emisi dari berbagai aktivitas manusia.

Kegiatan penanaman pohon melibatkan 3 orang masyarakat lokal dan 8 orang volunteer yang merupakan mahasiswa IPB University dari berbagai angkatan. Lokasi penanaman merupakan daerah rawan terjadinya bencana longsor.

Setelah penanaman akan dilanjutkan dengan kegiatan perawatan tanaman meliputi pendangiran, pemupukan dan penyulaman. Selain itu, akan dilakukan pemantauan pada bulan ketiga, bulan keenam dan bulan kedua belas untuk menilai tingkat keberhasilan hidup tanaman serta pertumbuhan tinggi dan diameter tanaman secara berkala. (HTG/Rz)