Prof Luky Adrianto Pimpin International Sustainable Ocean Symposium di Xiamen University, Tiongkok

Prof Luky Adrianto Pimpin International Sustainable Ocean Symposium di Xiamen University, Tiongkok

Prof Luky Adrianto Pimpin International Sustainable Ocean Symposium di Xiamen University, Tiongkok
Berita

Salah satu Guru Besar IPB University, Prof Luky Adrianto ikut berperan dalam acara Sustainable Ocean Symposium yang diselenggarakan oleh Fujian Institute of Sustainable Ocean (FISO), Xiamen University, (10/11). Simposium tersebut diselenggarakan dengan tema ‘Advancing Sustainable Coastal Development: Technologies and Approaches’.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Xiamen World of Ocean Week (XWOW) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Fujian dan Kota Xiamen, Tiongkok pada (8-11/11). Simposium ini diikuti oleh lebih kurang 100 orang dari 20 negara yang tergabung dalam Maritime Silk Route (Jalur Sutra Maritim).

Simposium dilaksanakan dalam tiga sesi utama yaitu (1) Governance Practices on Sustainable Ocean Development; (2) Applied Technologies to Advance Sustainable Coastal Development; dan (3) Panel Discussion on Sustainable Coastal Development.

Prof Luky Adrianto, Guru Besar IPB University di Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) memimpin sesi diskusi panel (panel discussion) pada topik Capacity Index for Sustainable Coastal Development.

Pada sesi ini, Kepala Lembaga Riset Internasional Kemaritiman, Kelautan dan Perikanan (i-MAR) IPB University ini juga menyampaikan pentingnya pendekatan regenerative sustainability dalam menjamin tata kelola pesisir dan laut (coastal and ocean governance) yang inklusif. Pendekatan tersebut melibatkan multi-partner melalui apa yang disebut dengan Inclusive Blue-Partnership.

Dalam perjalanan akademik ke Tiongkok ini, Prof Luky Adrianto yang juga penasehat utama di Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB University turut membawa misi untuk menghidupkan kembali kerja sama akademik Departemen MSP IPB University dengan Xiamen University. Kerja sama akademik tersebut antara lain untuk Program Studi (Prodi) Pascasarjana Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (SPL) yang sempat terkendala selama pandemi COVID-19.

Sebelum pandemi, kolaborasi antara Departemen MSP IPB University dan Xiamen University telah menuai hasil. Beberapa alumni Departemen MSP IPB University mampu melanjutkan studi S2 dan S3 di Xiamen University. Kolaborasi tersebut berupa student exchange, program S2 dan S3 untuk mahasiswa prodi SPL ke Xiamen University.

“Dengan rencana diaktifkan kembali kolaborasi akademik ini, niscaya indikator kinerja utama (IKU) Departemen MSP IPB University diharapkan akan meningkat, khususnya IKU 3, 4 dan 6,” pesan Ketua Departemen MSP IPB University, Prof Hefni Effendi.