Mahasiswa IPB University Praktik Inseminasi Buatan di BIB Lembang

Mahasiswa IPB University Praktik Inseminasi Buatan di BIB Lembang

Mahasiswa IPB University Praktik Inseminasi Buatan di BIB Lembang
Student Insight

Biro Ilmu dan Keprofesian (Ilpro) Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (Himasiter) IPB University melakukan kunjungan ke Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang, Bandung. Ketua Himasiter, Dodi Wahyudi mengatakan, program ini bertujuan mengenalkan mahasiswa terkait praktik IB pada ternak ruminansia.

“Diharapkan mahasiswa IPB University dapat mengetahui cara melakukan IB pada ternak ruminansia, mengetahui tata cara pengambilan semen yang baik dan benar. Semoga dari kegiatan ini, mahasiswa mampu mengetahui kualitas sperma yang berkualitas dan cara menangani sperma agar kualitasnya tetap terjaga,” ujarnya.

BIB Lembang merupakan BIB pertama di Indonesia. Dikelola oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Tugas pokoknya meliputi produksi, pemasaran, pengujian, pemantauan mutu semen ternak unggul hingga penyusunan metode IB.

Saat ini, BIB Lembang memiliki 11 layanan di antaranya melakukan penjualan semen beku, layanan purna jual, bimbingan teknis, manajemen IB dan pengujian mutu semen. Layanan lainnya meliputi edu wisata, layanan aset balai, layanan magang dan penelitian, layanan konsultasi, layanan narasumber/instruktur/juri/asesor, layanan tempat uji kompetensi (TUK) serta layanan fotografi.

“Kunjungan lapangan seperti ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk penyamaan persepsi antara materi di bangku kuliah dengan kondisi riil di lapangan. Saya kira kegiatan ini dapat menambah wawasan bahwa peluang usaha di bidang peternakan ini sangatlah luas,” tutur Dodi.

Karena itu, lanjut dia, kunjungan seperti ini bisa memotivasi mahasiswa Fakultas Peternakan IPB University untuk melahirkan inovasi-inovasi baru untuk peningkatan produktivitas ternak. Langkah tersebut niscaya akan mendukung ketahanan pangan di Indonesia.

Helga Annisa, salah satu peserta kunjungan mengungkapkan kesannya mengikuti kegiatan ini. “Seru sekali! Banyak pengetahuan baru mengenai cara menampung semen. Acaranya keren, ada sesi doorprize dan hadiah juga di akhir. Pesan untuk ke depannya, untuk durasi kunjungannya agar lebih lama lagi,” ungkapnya. (*/Rz)