Fakultas Kedokteran IPB University Gelar Kuliah Tamu Ungkap Peran Polaritas Sel pada Bidang Biologi dan Kedokteran

Fakultas Kedokteran IPB University Gelar Kuliah Tamu Ungkap Peran Polaritas Sel pada Bidang Biologi dan Kedokteran

Fakultas Kedokteran IPB University Gelar Kuliah Tamu Ungkap Peran Polaritas Sel pada Bidang Biologi dan Kedokteran
Berita

Fakultas Kedokteran IPB University menyelenggarakan kuliah tamu kedokteran dengan topik ‘The Clinical Significance of Cell Polarity in Modulating Cell Structure and Functions’ di Auditorium Gedung AM Satari, Kampus IPB Dramaga pada 23/10. Kegiatan ini mengundang narasumber Dosen dari Fakultas Kedokteran, Universitas Osaka yaitu Prof Akihiro Harada.

Dalam sambutannya, Pejabat sementara (Pjs) Dekan Fakultas Kedokteran IPB University, Prof drh Srihadi Agungpriyono mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk berbagi penelitian eksperimental tentang polaritas sel memiliki signifikansi klinis dalam memengaruhi struktur dan fungsi sel.

“Ini adalah subjek yang dapat menjadi fokus penelitian di bidang biologi sel dan kedokteran” terangnya.

Lebih lanjut, Prof Srihadi mengungkapkan bahwa penelitian seperti ini bisa relevan dalam berbagai bidang, termasuk onkologi, biologi perkembangan, dan neurosains karena polaritas sel memainkan peran penting dalam pengaturan dan fungsi seluler sel.

Dengan memahami bagaimana polaritas sel mempengaruhi struktur dan fungsi sel, kita dapat mendapatkan wawasan yang lebih baik dalam pemahaman penyakit dan pengembangan terapi.

“Saya pikir ini adalah penjelasan yang sangat bagus tentang bagaimana penelitian dapat mendukung metode pendekatan ilmiah yang digunakan dalam bidang klinis atau kedokteran. Untuk itu, saya harap para mahasiswa sekalian bisa memahami tentang keilmuan ini,” ucapnya.

Dosen Universitas Osaka, Prof Akihiro Harada mengungkapkan, polaritas sel dapat menjadi subjek penelitian dalam kaitannya dengan sel-sel kekebalan tubuh, berkoordinasi dan berinteraksi dengan respons imun.

Pemahaman polaritas sel membantu dalam memahami cara berbagai organ dan jaringan pada tubuh bekerja.

“Ini penting dalam perawatan pasien dan pemahaman yang lebih tentang perkembangan normal atau patologis,” ucapnya.

Prof Akihiro Harada, lebih lanjut, mengatakan polaritas sel memiliki karakteristik penting dalam banyak jenis sel dalam tubuh dan berperan dalam pengaturan berbagai proses biologis, termasuk penyerapan nutrisi, pertahanan terhadap patogen serta komunikasi antar sel.

“Peran polaritas sel di berbagai aspek biologi sel dan kesehatan manusia telah membuka pintu untuk penemuan baru, terapi yang lebih efektif dan pemahaman lebih dalam tentang penyakit dan kondisi medis pada pasien,” tuturnya.