Kratusia, Krim Antijerawat untuk Kulit Sensitif Buatan Tim PKM IPB University

Kratusia, Krim Antijerawat untuk Kulit Sensitif Buatan Tim PKM IPB University

Kratusia, Krim Antijerawat untuk Kulit Sensitif Buatan Tim PKM IPB University
Student Insight

Salsabila Defriana, Rehan Ashari, Defi Nur Anisa dan Auralatif yang merupakan mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University membuat krim antijerawat. Produk bernama ‘Kratusia’ tersebut ditujukan untuk mereka dengan kulit sensitif.

Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) menjadi wadah bagi tim Kratusia untuk membuat krim antijerawat berupa acne spot dengan tambahan ekstrak kulit kayu akasia.

“Acne spot ini dibuat dari limbah kulit kayu akasia yang ditimbulkan dari industri kertas dan pulp yang tidak dimanfaatkan. Kulit kayu akasia ini diekstrak menggunakan pelarut air agar meminimalisir adanya sensitivitas kulit wajah,” ujar ketua tim, Salsabila.

Jerawat merupakan salah satu masalah yang kadang membuat risau saat ia menghinggap. Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan minyak ke dalam pori-pori kulit. Biasanya yang menjadi penderita jerawat adalah mereka yang berusia remaja hingga dewasa.

“Kratusia hadir untuk menangani masalah jerawat dan komedo putih yang aman bagi kulit sensitif tanpa cekat-cekit ketika diaplikasikan. Testimoni pengguna produk ini memperlihatkan progres yang cukup baik dengan menggunakan acne spot ini. Dapat dilihat dari wajah tersebut dari perbedaan before after-nya,” jelas Salsa, sapaan akrabnya.

Ia mengatakan, produk Kratusia Acne Spot Treatment ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Cocok untuk kalangan pelajar atau mahasiswa. Harganya hanya 20 ribu saja. Dengan begitu, anak-anak sekolah juga bisa membeli tanpa menguras kantong.

“Harapannya produk kami bisa diterima di masyarakat sebagai obat totol yang murah dan efektif dalam melawan jerawat,” tuturnya. (*/Rz)