Kuatkan Karakter Kepemimpinan, Asrama Kepemimpinan IPB University Adakan Leadership Talk Bersama Pemimpin.id

Kuatkan Karakter Kepemimpinan, Asrama Kepemimpinan IPB University Adakan Leadership Talk Bersama Pemimpin.id

Kuatkan Karakter Kepemimpinan, Asrama Kepemimpinan IPB University Adakan Leadership Talk Bersama Pemimpin.id
Berita

Sebagai upaya menjawab krisis kepemimpinan di Indonesia khususnya di kampus, Asrama Kepemimpinan IPB University bersama Pemimpin.id sukses melaksanakan Leadership Talk: Membangun Value untuk Organisasi Berkelanjutan. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Asrama Kepemimpinan IPB University untuk bersama-sama menggagas dan mencetak pemimpin masa depan.

“Ada kesamaan komitmen antara Asrama Kepemimpinan IPB University dan Pemimpin.id dalam mencetak calon pemimpin di masa depan, untuk itu kolaborasi seperti ini harus berlanjut guna memastikan cita-cita itu tercapai di masa mendatang,” ungkap Dodi Wahyudi, Senior Leader Asrama Kepemimpinan IPB.

Asrama Kepemimpinan merupakan tempat khusus bagi mahasiswa IPB University yang memiliki minat dan berkompeten dalam bidang kepemimpinan. Mereka akan dididik dan dibina guna menjadi generasi penerus di masa yang akan datang.

Dalam perjalanannya, Asrama Kepemimpinan tak hanya mencetak ketua organisasi mahasiswa (ormawa) di IPB University, tapi juga berhasil mengantarkan kadernya menjadi mahasiswa berprestasi (mapres), Duta IPB, entrepreneur hingga prestasi lainnya di tingkat nasional dan internasional.

Pemimpin.id sendiri merupakan social startup nonprofit yang bergerak di bidang pengembangan individu. Startup ini berkomitmen untuk memperbaiki ekosistem kepemimpinan melalui berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan.

Leadership Talk menghadirkan tiga pembicara yang berkompeten dalam pengembangan kepemimpinan, yakni Agus Harianto (Ketua Yayasan Pondok Inspirasi), Shendy Ristandi (Community Engagement Coordinator at Indorelawan) dan Ainun Fiki (Alumni Asrama Kepemimpinan). Ketiga pembicara tersebut menyampaikan materi tentang understanding self and other, value dalam organisasi serta karakter kepemimpinan.

“Materi tersebut merupakan satu kesatuan dalam membentuk pemimpin yang tangguh. Dalam proses menjadi sosok yang berada di puncak kepemimpinan, setiap orang harus mampu mengenali dirinya sendiri, mengetahui nilai yang ada pada dirinya dan organisasi serta pentingnya karakter bagi calon pemimpin di masa depan,” kata Dodi.

Ishaq selaku Presiden Asrama Kepemimpinan IPB University beranggapan, “Kegiatan yang baik dan poin materi yang disampaikan sangat relevan dengan apa yang dirasakan mahasiswa saat ini. Untuk itu, sebagai calon pemimpin setiap orang harus mampu menumbuhkan rasa empati serta membangun pondasi karakter kepemimpinan yang baik guna menjawab isu strategis yang ada.”

“Harapannya kegiatan seperti ini ke depan bisa terus dilaksanakan sebagai wadah diskusi dan evaluasi untuk memperkuat karakter kepemimpinan, khususnya bagi kader Asrama Kepemimpinan IPB University,” tambah Ishaq. (*/Rz)