Wujudkan Purwasari Desa Sentra Nila, Tim PKM IPB University Usung Tiga Misi Ini

Wujudkan Purwasari Desa Sentra Nila, Tim PKM IPB University Usung Tiga Misi Ini

Wujudkan Purwasari Desa Sentra Nila, Tim PKM IPB University Usung Tiga Misi Ini
Student Insight

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) IPB University membuat program Team of Service Community untuk mewujudkan Desa Purwasari, Bogor, Jawa Barat sebagai desa sentra ikan nila. Nur Afra Nabila, ketua tim PKM mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari tiga misi: fisheries development, self-sufficient feed, dan selling place.

“Ketiga misi tersebut diharapkan dapat menjawab tantangan yang ada di Desa Purwasari dalam mencapai tujuan desa ini sebagai sentra nila. Program pengabdian ini diharapkan dapat membantu masyarakat, khususnya pembudi daya ikan dalam meningkatkan hasil budi daya perikanan mereka. Kami juga bermitra dengan masyarakat setempat, terutama pemuda yang tergabung di kelompok karang taruna desa,” jelas Nabila.

Misi pertama yang dilakukan mahasiswa IPB University adalah fisheries development. Misi ini diawali dengan kegiatan sosialisasi kepada karang taruna setempat mengenai sistem kolam. Sosialisasi ini berisi tentang penjelasan sistem kolam yang baik untuk meningkatkan produktivitas hasil budi daya.

“Kami juga melakukan revitalisasi kolam dalam rangka peningkatan produktivitas kolam di Desa Purwasari. Kegiatan ini diawali dengan pengecekan saluran inlet dan outlet kolam agar tidak terjadi kebocoran. Setelah pengecekan, lumpur limbah budi daya pada siklus sebelumnya diangkut dari kolam untuk memperdalam ketinggian air. Tindakan ini dilakukan agar padat tebar ikan kultur dapat dimaksimalkan,” terang Nabila.

Selanjutnya, kolam yang lumpurnya sudah diangkat kemudian dikeringkan agar mikroorganisme yang merugikan dapat hilang di tanah kolam budi daya.

Nabila, bersama anggota tim Lilih Safitri, Permana Putra Pamuji, M Marhan Irakas, dan Audia Anjani serta dibimbing oleh dosen Dudi Muhammad Wildan SPi, MSi berharap kegiatan ini mampu membuat kolam-kolam yang ada di Desa Purwasari menjadi produktif agar meningkatkan hasil ikan budi daya masyarakat setempat. (*/Rz)