Mahasiswa IPB University Kenalkan SDGs Desa kepada Anak-Anak TPA Ummahatus Sa’adah Lewat Program Ceria

Mahasiswa IPB University Kenalkan SDGs Desa kepada Anak-Anak TPA Ummahatus Sa’adah Lewat Program Ceria

Mahasiswa IPB University Kenalkan SDGs Desa kepada Anak-Anak TPA Ummahatus Sa’adah Lewat Program Ceria
Student Insight

Mahasiswa IPB University yang tergabung dalam tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen (BEM FEM) melaksanakan sosialisasi Cerdas Mengimani Al Quran (Ceria). Kegiatan bertempat di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Ummahatus Sa’adah, Desa Cihideung Ilir, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini mengusung konsep Desa Cerdas dengan mengenalkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs) kepada anak-anak. Sebanyak 80 anak mengikuti sosialisasi beserta para volunteer Sahabat Desa dan Forum Mahasiswa Muslim dan Studi Islam (Formasi) FEM IPB University.

“Ceria merupakan salah satu pojok literasi di bidang pendidikan yang disusun oleh tim PPK Ormawa BEM FEM IPB University. Kegiatan ini merupakan sebuah edukasi kepada anak-anak di TPA Ummahatus Sa’adah mengenai cara membaca Al Quran yang baik dan benar serta diikuti pembelajaran hadroh, tauhid, dan akhlak dengan media pembelajaran yang inovatif seperti boneka tangan untuk storytelling, video YouTube, puzzle, dan alat hadroh,” jelas Wilujeng Ninda Latifah selaku penanggung jawab.

Anak-anak TPA juga dikenalkan materi seputar SDGs Desa mencakup pengertian dan tujuan, khususnya SDGs poin ke-4. Acara dilanjutkan dengan penjelasan program Ceria, mulai dari deskripsi hingga jadwal kegiatan selama beberapa bulan ke depan.

“Agar menambah keseruan acara, kami juga mengadakan ice breaking yang diisi dengan senam ‘A Ram Sam Sam’ agar anak-anak fokus menyelaraskan iringan musik dengan gerakan yang makin lama makin dipercepat,” tutur Ninda.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh salah seorang anak. Hal ini dilakukan guna memupuk keberanian anak-anak untuk tampil dan mengambil peran di tengah masyarakat nantinya. (*/Rz)