IPB University Kenalkan Budi Daya Hidroponik kepada Siswa SMA Mahabodhi Vidya

IPB University Kenalkan Budi Daya Hidroponik kepada Siswa SMA Mahabodhi Vidya

IPB University Kenalkan Budi Daya Hidroponik kepada Siswa SMA Mahabodhi Vidya
Berita

Sebanyak 104 siswa dan guru dari SMA Mahabodhi Vidya melakukan kegiatan pelatihan budi daya hidroponik di fasilitas Agribusiness Technology Park (ATP) IPB University. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan praktik budi daya hidroponik yang dilakukan di dalam greenhouse dan plant factory yang ada di ATP IPB University.

Pada kesempatan itu, para siswa mendapatkan sejumlah materi di antaranya pengenalan fasilitas ATP IPB University, cara menyemai tanaman, pindah tanam, panen sampai konsep pemasaran produk pertanian. Sharfina, SP sebagai fasilitator kegiatan ini mengatakan, “Ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk mengenalkan pertanian bersih dan modern kepada generasi muda.” Putri Hapsari, SP yang menjadi co-fasilitator mengungkapkan, siswa SMA dan guru sangat antusias mengikuti materi dari awal hingga akhir kegiatan.

Yudi, fasilitator SobaTani Agro mengenalkan proses pengemasan (packing) produk segar agar dapat memenuhi kualifikasi konsumen. Sebelum dikemas, produk harus melewati proses quality control dengan dilakukan penyortiran.

“Produk yang baik perlu dikemas dan disortir agar dapat diterima oleh konsumen,” tuturnya.

Danang Aria Nugroho, SE, MSi selaku Supervisor Layanan Agromaritim dan Digital Farming, DPMA IPB University mengatakan, “Kegiatan pengenalan pertanian kepada siswa SMA harus terus digalakkan melalui kunjungan, pelatihan singkat dan camp di kawasan pertanian seperti ATP IPB University. Kami siap menjadi tempat belajar pertanian bagi masyarakat Indonesia.” (*/Rz)