IPB University Tindak Lanjuti Kerja Sama dengan University of British Columbia, Jajaki MoU dengan Simon Fraser University, Canada

IPB University Tindak Lanjuti Kerja Sama dengan University of British Columbia, Jajaki MoU dengan Simon Fraser University, Canada

IPB University Tindak Lanjuti Kerja Sama dengan University of British Columbia, Jajaki MoU dengan Simon Fraser University, Canada
Berita

Delegasi IPB University yang terdiri dari Prof Deni Noviana (Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan), Prof Dodik Ridho Nurrochmat (Dekan Sekolah Pascasarjana), dan Prof Naresworo Nugroho (Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan) melakukan kunjungan ke University of British Columbia (UBC) di Vancouver, Canada dalam rangka tindak lanjut kerja sama pendidikan dan penelitian (29-30/9).

Kunjungan diawali pertemuan dengan mantan Director General of the Center for International Forestry Research (CIFOR) yang saat ini menjadi profesor di Fakultas Kehutanan UBC, Dr Jeff Sayer dan Dr Agni Intu Boedhihartono di Vancouver Barat. Pertemuan membahas rencana kerja sama riset dan co-supervision program S2 dan S3 di IPB University dan UBC untuk bidang kehutanan dan lingkungan.

Acara dilanjutkan dengan pertemuan bersama Wakil Dekan Fakultas Kehutanan UBC Dr Guangyu Wang, Direktur Kerjasama Strategis Asia Dr Suzy Zeng, dan beberapa profesor bidang genomik, manajemen hutan dan konservasi alam, serta kehutanan tropis yakni Dr Jacqui Sunderland dan Dr Terry Sunderland.

Dalam pertemuan ini, dibahas rencana joint degree program S1 kehutanan antara IPB University dan UBC (2 tahun di IPB University dan 2 tahun di UBC), pertukaran mahasiswa dan co-supervision mahasiswa S2 dan S3, serta publikasi bersama.

Diskusi juga dilanjutkan dengan rencana penyusunan proposal kerja sama yang akan diajukan melalui pendanaan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan skema pendanaan lainnya.

Selain mendiskusikan tindak lanjut kerja sama dengan UBC, kunjungan delegasi IPB University di Vancouver dilanjutkan dengan inisiasi kerja sama dengan Simon Fraser University (SFU). Acara di SFU dipandu oleh Dr Colin Rankin, dilanjutkan dengan campus tour. Delegasi IPB University mendiskusikan peluang kerja sama dengan Dr Tammara Soma dari School of Resource and Environmental Management SFU. Dr Tammara merupakan seorang ilmuwan asal Bogor yang telah cukup lama berkarier di SFU.

“Dalam pertemuan tersebut dibahas rencana penandatanganan nota kesepahaman antara IPB University dan SFU, dan kerja sama bidang pendidikan yaitu student exchange dan joint academic supervision untuk mahasiswa pascasarjana, serta kerja sama riset dan publikasi ilmiah,” kata Dekan Sekolah Pascasarjana IPB University, Prof Dodik Ridho Nurrochmat.

Selain itu, Dr Tammara Soma akan melakukan program sabbatical di IPB University tahun depan dengan fokus riset bidang food system, yang meliputi food loss dan food waste. Pada 30 September, delegasi IPB University bersama Dr Colin Rankin dan Dr Laura Wilson dari FINCAPES project Waterloo juga mengunjungi Community Forest Cheakamus yang dikelola oleh masyarakat adat Squamish di Whistler, sekitar 2,5 jam perjalanan darat dari Vancouver.

“Di Whistler, kami mempelajari pola kemitraan masyarakat adat dalam pengelolaan hutan, termasuk pengendalian kebakaran dan upaya peningkatan serapan karbon hutan yang dikelola oleh masyarakat,” tandas Prof Dodik. (*/Rz)