Persiapkan Pembentukan Komunitas Ubaran, Tim PPK Ormawa Himasiera Adakan Pembelajaran Toga ke-3

Persiapkan Pembentukan Komunitas Ubaran, Tim PPK Ormawa Himasiera Adakan Pembelajaran Toga ke-3

Persiapkan Pembentukan Komunitas Ubaran, Tim PPK Ormawa Himasiera Adakan Pembelajaran Toga ke-3
Student Insight

Tim Program Pengembangan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Peminat Ilmu-ilmu Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (Himasiera) mengadakan pembelajaran tanaman obat dan keluarga (toga) ke-3 di Desa Neglasari, Bogor, Jawa Barat. Pembelajaran ini diikuti oleh calon anggota Komunitas Arurang Ngobatan Dina Pakarangan (Ubaran) yang merupakan perwakilan dari masing-masing rukun warga (RW).

Pembelajaran dilakukan untuk mempersiapkan calon anggota agar siap menjalani berbagai kegiatan yang akan dilakukan oleh komunitas. Kegiatan pembelajaran ini diadakan di green house yang bertempat di RW 1 Desa Neglasari. Materi yang diberikan pada pembelajaran ke-3 ini adalah mengenai perawatan toga, hama, dan pemanenan. Sebelumnya, telah dilaksanakan pula kegiatan pembelajaran pertama dengan materi media tanam serta pembelajaran kedua dengan materi pembibitan dan penanaman.

“Semoga nantinya komunitas ini bisa menjadi pelopor di masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam tanaman obat. Selain itu, ke depannya program ini juga bisa memberikan manfaat lebih baik di bidang ekonomi maupun pendidikan bagi anggota komunitasnya itu sendiri maupun bagi warga Desa Neglasari lainnya,” harap Fauzan Naufal, Ketua PPK Ormawa Himasiera.

Fauzan menjelaskan, kegiatan pembelajaran diawali dengan penjelasan materi dan pembagian modul oleh tim PPK Ormawa Himasiera. Selain materi, dilakukan juga demonstrasi dengan tujuan agar calon anggota dapat melihat secara langsung dan harapannya mampu mengimplementasikannya.

“Agenda selanjutnya setelah kegiatan ini adalah peresmian Komunitas Ubaran. Anggota yang termasuk dalam komunitas ini adalah mereka yang telah mengikuti dan menyelesaikan pembelajaran Toga,” kata dia. (*/Rz)