IPB University Sambut Mahasiswa Internasional Semester 2023/2024, Siapkan Student Buddies Selama Studi

IPB University Sambut Mahasiswa Internasional Semester 2023/2024, Siapkan Student Buddies Selama Studi

IPB University Sambut Mahasiswa Internasional Semester 2023/2024, Siapkan Student Buddies Selama Studi
Berita

IPB University menyambut mahasiswa internasional yang mengikuti program bergelar dan inbound student pada semester ganjil 2023/2024. Sebagian besar mahasiswa internasional yang mengikuti program bergelar mengambil Program Studi (Prodi) Kedokteran Hewan IPB University, yang lainnya adalah inbound student atau mahasiswa yang hanya mengambil kredit studi IPB University minimal satu semester. Mahasiswa internasional ini berasal dari berbagai negara, di antaranya Malaysia, Jerman, Prancis, Jepang dan lainnya.

Penyambutan secara resmi dilakukan di Ruang Sidang Senat, Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus Dramaga oleh Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Deni Noviana, (9/9).

Prof Deni Noviana dalam sambutannya menjelaskan gambaran IPB University yang baru saja merayakan dies natalisnya ke-60. Prof Deni menjabarkan fokus IPB University dalam bidang pertanian secara luas dan bagaimana mengembangkan pertanian di Indonesia.

Ia menuturkan, beragamnya jurusan di IPB University menjadikannya sebagai salah satu kampus yang diperhitungkan di Indonesia. Berdasarkan QS World University Ranking, IPB University secara konsisten menempati ranking nomor satu di Asia Tenggara, ranking 8 di Asia dan nomor 51 di seluruh dunia di bidang pertanian dan kehutanan.

Menurut Prof Deni, kehadiran mahasiswa internasional membawa energi yang luar biasa dan juga memperluas perspektif mengenai keilmuan yang ada di IPB University. Ia meminta mahasiswa internasional ini tak perlu khawatir lantaran ada Direktorat Pendidikan Internasional IPB University dan student buddies, mahasiswa yang akan bertugas mendampingi selama studi.

“Saya berharap kalian bisa aktif selama masa kalian di sini dengan mengikuti acara, bergabung di komunitas kampus kami, bergabung di klub, berdiskusi mengenai topik yang menarik dengan rekan dan teman-teman kalian di sini,” tuturnya.

“Berdiskusi dengan orang yang berasal dari latar belakang berbeda akan menambah pengetahuan kalian. Saat kalian berada di masa paling menarik ini, ingatlah bahwa pertumbuhan muncul dengan cara kalian harus keluar dari zona nyaman, menerima tantangan, merayakan pencapaian kalian serta belajar dari pengalaman kalian,” lanjut Prof Deni.

Kepada mahasiswa internasional, Prof Deny menyampaikan ucapan selamat datang di IPB University. Ia berharap mahasiswa yang berasal dari berbagai negara ini dapat mendapatkan pengetahuan hal baru, pembelajaran dan pertemanan.

“Tujuan acara ini agar mereka tahu bahwa mereka punya kami, Direktorat Pendidikan Internasional IPB University, yang memfasilitasi kebutuhan mereka terkait akademik. Kami berusaha menjadi jembatan antara mereka dan unit-unit terkait di IPB University ketika mereka mengalami kesulitan dalam studinya,” kata Direktur Pendidikan Internasional IPB University, Puji Mudiana, SP, MA.

Selama studi di IPB University, mahasiswa internasional ini akan didampingi oleh student buddies yang terlatih dan berpengalaman. Student buddies akan memberikan informasi dan bantuan kepada mahasiswa asing sejak awal semester hingga masa studinya selesai dan kembali ke negara asalnya. Adanya student buddies diharapkan dapat meminimalisir hambatan yang akan dihadapi mahasiswa internasional selama studi.

“Kita ingin menyambut mereka dengan hangat, dengan terbuka. Kita fasilitasi kebutuhan mereka terkait studinya. Kita berusaha supaya selama menjalani studinya ini mereka mendapatkan hambatan yang minimal,” ujar Puji. (MHT/Rz)