IPB University Berangkatkan Delegasi KKN-T Kebangsaan ke Kalimantan Barat

IPB University Berangkatkan Delegasi KKN-T Kebangsaan ke Kalimantan Barat

ipb-university-berangkatkan-delegasi-kkn-t-kebangsaan-ke-kalimantan-barat-news
Berita

IPB University berangkatkan sejumlah 8 mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan di Kalimantan Barat. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh 951 mahasiswa, 74 perguruan tinggi dalam negeri dan 2 perguruan tinggi luar negeri.

Kedelapan mahasiswa IPB University yang terlibat yaitu Risna Oktaviani, Entity Nur Layla, Meilia Alvi Rahmi, Alfiandri, Muhammad, Fajar Bagaskara, Ahmad Nur Yasin, Khopipah Assonda, Grace Palamba. Mereka berasal dari berbagai fakultas. Tuan rumah KKN Kebangsaan tahun ini adalah Universitas Tanjungpura, Kalimantan Barat.

Sesampainya di Kalimantan Barat, mahasiswa akan ditempatkan di beberapa lokasi di antaranya Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang. Kegiatan KKN Kebangsaan akan dilaksanakan pada 20 Juli- 20 Agustus 2023.

Program KKN Kebangsaan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan pengembangan masyarakat di lokasi tujuan. Turut mendampingi mahasiswa pada hari pemberangkatan (19/7), yakni Dr Supriyanto selaku Asisten Direktur Layanan Agromaritim dan Digital Farming, Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim IPB University..

“Mahasiswa diharapkan mampu hidup ditengah-tengah masyarakat, menemukan permasalahan dan memecahkan bersama masyarakat desa di lokasi KKN Kebangsaan,” kata Dr Supriyanto memberikan keterangan saat pemberangkatan peserta.

Ia menambahkan, mahasiswa di masa yang akan datang harus mampu beradaptasi dengan perkembangan kondisi sosial masyarakat. Menurutnya, kegiatan KKN Kebangsaan ini merupakan wadah yang tepat bagi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sekaligus.

“Mahasiswa diharapkan dapat mendukung pengembangan berkelanjutan, utamanya di bidang agromaritim sebagai core keilmuan dari IPB University,” tukas dia. (*/Rz)