PPK Ormawa Himagron IPB University Menggagas Konsep Bertani Untung ‘Profitani’ untuk Pemuda Kelurahan Bubulak

PPK Ormawa Himagron IPB University Menggagas Konsep Bertani Untung ‘Profitani’ untuk Pemuda Kelurahan Bubulak

ppk-ormawa-himagron-ipb-university-menggagas-konsep-bertani-untung-profitani-untuk-pemuda-kelurahan-bubulak-news
Berita

Himpunan Mahasiswa Agronomi dan Hortikultura (Himagron), Fakultas Pertanian (Faperta) IPB University mengadakan lokakarya sekaligus peresmian dimulainya pelaksanaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) di Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (22/7). Kegiatan ini dilaksanakan bersama para pemuda, pihak kelurahan, perwakilan RT/RW, Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) sebagai mitra dan tokoh masyarakat setempat.

Tim PPK Ormawa Himagron IPB University memilih topik Sanggar Tani Muda dengan mengusung program ‘Profitani: Konsep Bertani Untung dan Berkelanjutan melalui Sanggar Tani Muda sebagai Upaya Regenerasi Petani’.

“Program Profitani dibagi ke dalam lima topik besar yaitu sustainable agriculture, agribisnis, post-harvest, sustainable feed production, serta SDGs dan SDGs Desa. Kelima program tersebut memperhatikan agronomis, ekologis, humanis dan ekonomis,” papar Fahad dan Latif selaku perwakilan tim pelaksana yang memaparkan program kerja pada saat lokakarya.

Menurut Fahad, topik Sanggar Tani Muda diangkat oleh Himagron IPB University karena keresahan terkait menurunnya regenerasi petani. Selain itu, banyak potensi pertanian di Kelurahan Bubulak yang cukup tinggi, tetapi belum dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Dr Arya Widura Ritonga selaku dosen pembimbing tim PPK Ormawa Himagron IPB University menyampaikan, “Harapannya nanti semua program tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dan benar, serta memberikan manfaat dan berkah bagi kita semua.” Melalui lokakarya ini, ia juga berharap pemuda Kelurahan Bubulak bisa lebih mengenal topik Sanggar Tani Muda dengan program Profitani serta dapat memberikan kritik dan saran yang membangun bagi tim PPK Ormawa Himagron IPB University.

Program yang diusung mendapat dukungan pihak kelurahan. “Saya sangat mendukung program PPK Ormawa Himagron IPB University. Kami ingin adanya regenerasi petani untuk memaksimalkan lahan yang ada di Kelurahan Bubulak, khususnya RW 09,” ungkap Hendra Gunawan selaku Ketua RW 09.

Dukungan juga diberikan oleh Ir Fuad Say Benny selaku kasepuhan Kelurahan Bubulak. Ia mengatakan, hadirnya Himagron IPB University di Kelurahan Bubulak untuk saling mengisi kekosongan dalam mengoptimalkan potensi di wilayah tersebut, terutama sektor pertanian. Ia mengingatkan, tantangan dalam pelaksanaan program nantinya yaitu menumbuhkan komitmen pemuda dalam mengikuti tiap rangkaian program.

Dalam sesi diskusi, tokoh masyarakat serta para pemuda memberikan banyak tanggapan dan masukan untuk mengoptimalkan program Sanggar Tani Muda yang akan diadakan di Kelurahan Bubulak. (*/Rz)