Sah, ARM HA IPB University University Cabang Kalimantan Timur Resmi Dikukuhkan

Sah, ARM HA IPB University University Cabang Kalimantan Timur Resmi Dikukuhkan

Sah, ARM HA IPB University University Cabang Kalimantan Timur Resmi Dikukuhkan
Berita

Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni (ARM HA) IPB University cabang Kalimantan Timur (Kaltim) resmi terbentuk. Dewan Pengurus Daerah (DPD) HA IPB University Kaltim periode 2023-2027 dikukuhkan dalam acara pelantikan yang berlangsung khidmat di Ballroom Hotel Mercure, Samarinda, Kaltim, Minggu (27/8). Acara ini sekaligus dilakukan Rapat Kerja Daerah DPD HA IPB University Kaltim yang pertama.

Pengukuhan dan pelantikan ini disaksikan langsung oleh Rektor IPB University, Prof Arif Satria, Asisten III Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, Ir Riza Indra Riadi, Kepala Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Dr Mirna Asnawati Safitri dan Ketua Umum DPP HA IPB University, Dr Walneg S Jas.

“Hadirnya ARM HA IPB University di Kaltim membuktikan semangat gotong-royong alumni IPB University di provinsi ini, yang menjadi karakter bangsa Indonesia dalam menangani masalah sosial kemanusiaan dan kebencanaan,” ujar Asisten III Pemprov Kaltim, Riza Indra Riadi. Alumnus IPB University angkatan 21 ini juga terpilih menjadi Ketua Dewan Pembina HA IPB University Kaltim periode 2023-2027.

Ketua DPP HA IPB University, Dr Walneg S Jas, menekankan pentingnya peran alumni bagi almamater. Ia bersyukur HA IPB University memiliki hubungan yang amat baik dengan almamaternya, IPB University. Dalam bidang kemanusiaan, ia berharap ARM HA IPB University dapat tampil menjadi lembaga kemanusiaan tingkat nasional dan menjadi role model.

“Dengan dikawal oleh para pegiat yang telah berpengalaman dalam dunia kemanusiaan, saya yakin cita-cita itu akan tercapai,” ujar Walneg.

Bagi Ketua DPD HA IPB University Kaltim terpilih, Ir Sulaeman, MP, IPU, hadirnya ARM HA IPB University di Bumi Etam merupakan kebanggaan tersendiri. Menurut Sulaeman, permohonan pembentukan ARM HA IPB University di Kaltim didasari niat mulia untuk memperluas jangkauan bantuan manfaat yang dapat alumni IPB University lakukan di bidang kemanusiaan.

Di samping itu, Kaltim menjadi cabang pertama yang berdiri setelah diperolehnya status hukum yayasan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI kepada ARM HA IPB University di tahun 2021 dan sejak disahkannya Rencana Strategis (Renstra) ARM 2022-2024.

“Terbentuknya ARM di Kaltim diharapkan makin menyemarakkan semangat kesukarelawanan para alumni IPB University. Apalagi wilayah ini tidak lepas dari kerawanan bencana, terutama banjir dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” ujarnya. (*/Rz)