P2MD Himavo Akmapesa IPB University Hadirkan Pelatihan Kepada Kelompok Jaya Bersama

P2MD Himavo Akmapesa IPB University Hadirkan Pelatihan Kepada Kelompok Jaya Bersama

P2MD Himavo Akmapesa IPB University Hadirkan Pelatihan Kepada Kelompok Jaya Bersama
Berita

Himpunan Mahasiswa Sekolah Vokasi Akmapesa (Himavo Akmapesa) mengadakan pelatihan pengolahan jambu kristal menjadi asinan kepada masyarakat Desa Wisata Bantarjaya. Pelatihan tersebut merupakan kegiatan perdana program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) yang bekerja sama dengan sekretariat desa dan kelompok Desa Wisata Bantarjaya. Kegiatan ini bertempatan di Aula Kantor Desa Bantarjaya, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Pelatihan pertama ini dilakukan sebagai langkah pencerdasan masyarakat desa terkait dengan pengolahan jambu kristal menjadi produk unggulan. Upaya ini diharapkan dapat menjaga dan menstabilitaskan harga jambu kristal di Desa Bantarjaya. Diharapkan melalui pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi warga desa,” kata Bunga Novia Ramadhan, salah satu anggota tim.

Pada pertemuan tersebut sekaligus dilakukan pembentukan kelompok ‘Jaya Bersama’ yang diketuai oleh Husnul Khatimah selaku Ketua RT 004 Kecamatan Rancabungur. Pembentukan kelompok ini, sebut Bunga, bertujuan sebagai wadah pembinaan dan pendampingan pelatihan pada masyarakat, khususnya petani jambu kristal di wilayah setempat.

Ai Imas Faidoh Fatimah, STP, MP, MSc selaku dosen pembimbing kegiatan P2MD Himavo Akmapesa hadir menyampaikan materi terkait pengolahan asinan jambu kristal guna mendukung para petani jambu kristal dalam peningkatan pendapatan sebelumnya.

“Inovasi asinan bukan suatu hal yang baru, tetapi kalau dikembangkan dapat berpotensi meningkatkan nilai ekonomis jambu kristal, kalau difokuskan tujuan dapat tercapai. Dari sini akan mulai terpikir, bagaimana cara membuat asinan yang sehat dan menarik konsumen,” ujar Ai Imas yang juga dosen Program Studi (Prodi) Supervisor Jaminan Mutu Pangan Sekolah Vokasi IPB University ini.

Perwakilan pemerintah desa, Azhari dalam sambutannya menyampaikan, “Terima kasih atas bimbingan dan binaan tata cara pengolahan dan produksi jambu kristal. Saya ucapkan selamat mengabdi di Desa Bantarjaya,” ucap Azhari.

Rangkaian acara pelatihan dilengkapi dengan pre-test dan post-test. Warga Desa Bantarjaya secara antusias mulai mempraktikkan tata cara pembuatan asinan jambu kristal. Selama proses pengolahan, dilakukan diskusi dua arah antara tim P2MD dengan warga Desa Bantarjaya guna memperbaiki formulasi asinan jambu kristal.