DPMA IPB University Bersama Departemen TMB, Fateta Inisiasi Program Young Agropreneur Camp

DPMA IPB University Bersama Departemen TMB, Fateta Inisiasi Program Young Agropreneur Camp

DPMA IPB University Bersama Departemen TMB, Fateta Inisiasi Program Young Agropreneur Camp
Berita

Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim (DPMA) bekerja sama dengan Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (TMB), Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB University mengadakan pelatihan greenhouse, hidroponik dan plant factory melalui program Young Agropreneur Camp (YAC).

Sejumlah dosen IPB University terlibat sebagai narasumber memberikan wawasan kepada mahasiswa, peserta program YAC. Mereka adalah Dr Supriyanto, Dr Mohamad Solahudin, Dr Slamet Widodo, Lilis Sucahyo MSi, Ahmad dan Darma.

Young Agripreneur Camp (YAC) sendiri merupakan program yang didesain untuk menyiapkan generasi muda, khususnya mahasiswa IPB University agar dapat berkarya di bidang pertanian secara luas. Upaya itu dilakukan dengan cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan budi daya dari hulu ke hilir.

Program YAC terdiri dari empat bidang kelompok, yaitu bidang pertanian, peternakan, perikanan dan teknologi pertanian. Kolaborasi antara DPMA dan TMB Fateta IPB University termasuk dalam bidang teknologi pertanian yang berlokasi di Laboratorium Lapangan Siswadhi Soepardjo, Leuwikopo, Kampus IPB Dramaga. Tujuan dari kegiatan ini adalah pengenalan teknologi budi daya pada greenhouse dan plant factory, pengenalan hidroponik sekaligus praktik.

Adapun materi yang diberikan meliputi overview budi daya, ekonomi teknik, pengendalian lingkungan berbasis internet of things (IoT), model bisnis dan pemasaran. Selanjutnya, para peserta juga berkesempatan untuk praktik semai, pencampuran nutrisi dan pindah tanam.

“Teknologi budi daya pertanian masa depan dibagi menjadi tiga yaitu lahan terbuka, greenhouse dengan cahaya matahari dan plant factory dengan cahaya buatan atau plant factory with artificial light (PFAL),” beber Dr Supriyanto salah satu narasumber. (*/Rz)