Liga Remotely Operated Vehicle Dorong Inovasi dan Keterampilan Mahasiswa IPB University di Bidang Teknologi Bawah Air

Liga Remotely Operated Vehicle Dorong Inovasi dan Keterampilan Mahasiswa IPB University di Bidang Teknologi Bawah Air

liga-remotely-operated-vehicle-dorong-inovasi-dan-keterampilan-mahasiswa-ipb-university-di-bidang-teknologi-bawah-air-news
Student Insight

Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University menggelar Liga Remotely Operated Vehicle (ROV) ‘Marine Instrumentation and Robotics Event: Underwater Robotics (ROV) Challenge’. Kegiatan ini diadakan di Aquatic Sport Center, kolam renang untuk pembelajaran yang baru diresmikan pemanfaatannya oleh Rektor IPB University pada awal tahun 2023 lalu.

Kompetisi ini menjadi ajang untuk mengeksplorasi keterampilan dan inovasi dalam pengembangan ROV yang menjadi bagian dari tugas akhir praktikum (project-based learning) dari Mata Kuliah Instrumentasi Kelautan. Kegiatan ini sekaligus menutup perkuliahan semester genap tahun ajaran 2022/2023.

“Akhirnya Liga ROV dapat terlaksana kembali dalam suasana normal, langsung di kolam renang setelah tiga tahun vakum sementara sehubungan dengan adanya pandemi. Jadi tahun ini semacam ‘double blessing’ buat kita, selain dilaksanakan dalam suasana normal juga di kolam renang IPB University sendiri,” ujar Prof Indra Jaya selaku penanggungjawab Mata Kuliah Instrumentasi Kelautan saat membuka kegiatan.

Peserta yang berpartisipasi dalam liga kompetisi ROV terdiri dari sejumlah mahasiswa yang terbagi ke dalam lima tim. Setiap tim ditantang untuk merancang dan membangun ROV yang dapat melakukan berbagai tugas di dalam air. Kelima tim ini kemudian berlomba adu cepat memacu hasil rancang bangun masing-masing ROV hingga ke garis finish.

Sebelum berlaga di Liga ROV ini, setiap minggu setiap tim membuat rancang bangun ROVnya di Workshop (Bengkel) Instrumentasi dan Robotika Kelautan, Departemen ITK. Proses pengembangan, mulai dari perancangan hingga uji kelayakan didokumentasikan secara lengkap dalam bentuk video klip berdurasi maksimum tiga menit. ROV yang sudah dibuat oleh peserta kemudian diujicobakan di Aquatic Center IPB University untuk diperbaiki atau disempurnakan sampai benar-benar fungsional.

Hal menarik di sini, Liga ROV kali ini disaksikan oleh mahasiswa-mahasiswa dari Program Studi Teknik Kelautan Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama salah seorang dosen pendamping, Dr Entin Karjadi. Liga ROV memberikan kesempatan bagi peserta untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Para peserta dapat belajar dari inovasi dan pendekatan yang diterapkan oleh tim-tim lain. Mereka juga dapat terlibat dalam diskusi dan sesi tanya jawab dengan undangan yang hadir.

“Silakan teman-teman yang belum terbiasa mendapatkan teknik untuk pembuatan ROV bisa menanyakan kepada kelima tim ini. Saya ucapkan selamat kepada lima tim yang berlaga, mudah-mudahan Liga ROV berjalan meriah dan sukses,” tutur Prof Indra.
Liga ROV ini sekaligus merupakan salah satu kesempatan untuk menyiapkan mahasiswa dalam ajang kompetisi internasional tahunan di bidang teknologi bawah air. Menurut Prof Indra yang juga pembina Marine Instrumentation, Telemetry and Robotics (MITR), setiap bulan April diselenggarakan kompetisi internasional drone bawah air (Autonomous Underwater Vehicle/AUV) di Singapura.

“Insya Allah April 2024 mendatang, dengan dukungan IPB University, MITR Club akan kembali berpartisipasi seperti tahun-tahun sebelumnya. Dengan adanya Aquatic Center IPB University, tentunya akan memperkuat motivasi untuk memberi yang terbaik,” tandas Prof Indra. (RAT/Rz)