Riset Mahasiswa IPB University: Tingkat Kepuasan Pengguna MRT Capai 85 Persen

Riset Mahasiswa IPB University: Tingkat Kepuasan Pengguna MRT Capai 85 Persen

riset-mahasiswa-ipb-university-tingkat-kepuasan-pengguna-mrt-capai-85-persen-news
Riset

Jakarta dikenal sebagai kota terpadat di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statisik (BPS) tahun 2015, kepadatan penduduk DKI Jakarta mencapai Rp 15.663 jiwa/kilometer (km) persegi. Hal ini menyebabkan pergerakan/mobilitas warga Jakarta semakin padat. Tingginya mobilitas penduduk ibu kota belum diimbangi ketersediaan transportasi umum yang aman dan nyaman. 

Hal ini menyebabkan pertumbuhan penggunaan kendaraan bermotor pribadi, baik kendaraan beroda empat maupun sepeda motor dari tahun ke tahun sangat pesat dan tidak sebanding dengan pertumbuhan panjang jalan. Untuk mengatasi masalah transportasi yang cukup rumit di DKI Jakarta, Pemerintah DKI Jakarta membangun sistem transit cepat berskala massal Mass Rapid Transit/MRT.

Tiga mahasiswa dari Program Studi Ekonomi Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Sosial Humaniora (PKM – PSH) melakukan riset terkait efektivitas jasa transportasi publik di ibu kota. Tim terdiri dari Natasya Putri Erinda, Nurul Aidatul Fitriah, dan Sherin Safitri ini dibimbing oleh Dr Ir Wiwiek Rindayanti, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa penasaran para mahasiswa ini terkait seberapa besar pengaruh keberadaan MRT sebagai terobosan yang dapat memecahkan masalah mobilitas yang padat di Jakarta.

Natasya, Ketua Tim peneliti menyampaikan berdasarkan perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI), indeks kepuasan konsumen pengguna jasa transportasi MRT menunjukkan nilai 85.10 persen. Hal ini berarti tingkat kepuasan pengguna MRT telah terpenuhi dan termasuk dalam kategori sangat puas. Jasa transportasi MRT yang telah beroperasi di wilayah Jakarta sejak Maret 2019 ini telah memberikan kepuasan kepada penggunanya dan dapat dinyatakan efektif.

Sejak mulai beroperasi pada tanggal 1 April 2019, selama satu bulan beroperasi, terhitung rata-rata sebanyak 82.615 penumpang menggunakan MRT dalam setiap harinya. Sebagian besar masyarakat mengalami penurunan rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk transportasi dan perkiraan waktu tempuh sampai tempat tujuan setelah menggunakan jasa transportasi MRT. Pembangunan transportasi terpadu ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas distribusi yang efisien, aman dan nyaman serta mengurangi mobilitas kendaraan di wilayah Jakarta. 

“Pembangunan MRT ini nantinya akan menjadi salah satu alternatif pemerintah agar warga Jakarta yang tadinya sebagian besar menggunakan kendaraan pribadi diharapkan beralih menggunakan jasa transportasi ini. Berdasarkan hasil penelitian, MRT belum 100 persen efektif karena dari sisi kepuasan konsumen rata-rata tingkat kinerja masih lebih rendah dibandingkan rata-rata tingkat kepentingannya. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak faktor yang perlu diperbaiki oleh pengelola jasa transportasi MRT,” tambah Natasya.

Tim ini merekomendasikan pula beberapa hal kepada pengelola MRT seperti sosialisasi infografis dalam bentuk media cetak ataupun elektronik. Infografis ini disebar secara luas melalui platform media sosial, website dan sebagainya agar informasi sistem kedaruratan dan keamanan dapat diketahui penumpang secara luas. Selain itu, agar lebih memiliki daya tarik bagi penumpang, pengelola dapat memberikan promo dan potongan harga agar penumpang lebih memilih MRT dibandingkan dengan kendaraan pribadi. 

“Perlu ada penambahan jumlah jalur dan stasiun yang menjangkau di seluruh wilayah Jakarta, yaitu Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara, sehingga jasa transportasi MRT bisa dijangkau oleh pengguna yang tersebar di wilayah Jakarta.  Harapan kami, semoga MRT semakin berkembang dan menjangkau di seluruh wilayah Jakarta. Karena pada saat ini masih berada di Wilayah Jakarta Pusat – Jakarta Selatan. Dan dalam jangka panjang diharapkan bisa beroperasi di seluruh wilayah Indonesia,” tandasnya. (FI/Zul)