Departemen Manajemen FEM IPB Mendapatkan Visitasi Tim Asesor Internasional

Departemen Manajemen FEM IPB Mendapatkan Visitasi Tim Asesor Internasional

departemen-manajemen-fem-ipb-mendapatkan-visitasi-tim-asesor-internasional-news
Prestasi

Departemen Manajemen (Dept. Man), Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Institut Pertanian Bogor (IPB) dikunjungi tim asesor Asean Network University-Quality Assessment (AUN-QA) pada tanggal 30 Mei – 1 Juni 2017. Mereka adalah Prof. Dr. Yahaya Md. Sam – Professor Department of Control and Mechatronic Engineering dari Universiti Teknologi Malaysia dan Dr. Dawisa Sritanyarat dari Graduate School of Human Resources Management, National Institut of Administration Thailand.

Ditinjau dari sejarahnya, AUN-QA didirikan pada tahun 1998 sebagai jaringan ASEAN Quality Assurance dalam pendidikan tinggi dengan tugas mempromosikan Quality Assurance pada institusi perguruan tinggi, meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, dan berkolaborasi baik dengan badan regional maupun internasional  untuk kepentingan komunitas ASEAN. Sejak adanya penilaian AUN-QA untuk level program studi sejak tahun 2007, sudah lebih dari 160 program studi yang telah dinilai oleh AUN-QA. Anggota AUN-QA serta anggota rekanan pun telah turut memperoleh manfaat dari kegiatan penilaian ini.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, Departemen Manajemen FEM IPB mengikuti kegiatan penilaian yang dilakukan oleh AUN-QA. Sejak tahun lalu, Departemen Manajemen, khususnya Program Studi Manajemen – S1 (PSM) menyusun laporan Self Assessment AUN-QA berdasarkan bukti-bukti di lapangan terkait dengan ELO, Pogram Spec, Program Structure, pendekatan pembelajaran, penilaian mahasiswa, kualitas staf akademik, kualitas staf pendukung, kualitas mahasiswa, fasilitas dan infrastruktur, kualitas, dan output. Laporan tersebut disubmit ke sekretariat AUN-QA di Thailand melalui Kantor Manajemen Mutu (KMM) IPB pada akhir November tahun lalu.

Dua hari pertama kegiatan visitasi asesor AUN-QA diisi dengan pertemuan antara asesor dengan para stakeholder Dept Man, yaitu staf akademik (dosen), staf pendukung (tendik),  mahasiswa dan alumni serta user (employer yang mempekerjakan alumni Dept Man). Sejumlah mahasiswa tingkat 1 hingga tingkat akhir tampak antusias mengikuti sesi pertemuan dengan asesor AUN-QA, demikian pula dengan para alumni. Alumni yang hadir memiliki latar belakang pekerjaan yang cukup beragam, yaitu Manajer di The Nielsen, Account Executive of PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Unisba Bandung, mahasiswa master Manajemen Bisnis di IPB dan lain-lain. 

Adapun user yang hadir diantaranya adalah Mr. Rachmat Mulyana (Head of Senior High School 1 Sukabumi), Mr. Joni Afandy (General Manager Administration Department of MSIG), Mrs. Novya Wendiati (Area Pawning Manager of Bank Syariah Mandiri, Dramaga, Bogor), Mrs. Findi Novia (National Business Development Manager  of PT. Paragon Technology and Innovation, Jakarta), Mrs.  Dinari Nikken Sulastrie Sirin (Head of Human Resources and Administration Division of LAPAN), Mr. Resha Danang Sedayu (Oil Well Cement & Project Account Manager), Mrs. Dr. Hj. Atih Rohaeti Dariah, SE., MSi. (Dean of Economics and Business Faculty of Universitas Islam Bandung), Mr. Agus Fanar Syukri, Ph.D (Head of Center of Quality Assurance and Research Technology  -LIPI), dan Mr. Diki Zulkarnaen (Business Development Manager of Bank Muamalat Indonesia).***