Negara Swiss Jalin Kerjasama dengan IPB

Negara Swiss Jalin Kerjasama dengan IPB

Swiss
Prestasi

 Institut Pertanian Bogor (IPB) mendapat kunjungan delegasi Swiss State Secretary dalam rangka perjanjian kerjasama peningkatan pendidikan, penelitian dan riset teknologi pertanian, Selasa (15/3). Rombongan delegasi Swiss State yang dipimpin oleh  Menteri Pendidikan Negara Swiss Mr. Mauro Dell’ambrogio ini diterima langsung oleh Rektor IPB, Prof.Dr. Herry Suhardiyanto di Ruang Sidang Rektor Gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Dramaga Bogor.

 

Rektor IPB mengatakan, IPB sangat mendukung kerjasama ini, yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan antara IPB dan berbagai perguruan tinggi dan peneliti di Swiss. Dikatakan, saat ini telah ada beberapa penelitian bersama yang dilakukan oleh IPB dan perguruan tinggi di Swiss, diantaranya penelitian tentang produksi sawit yang berkelanjutan.

 

Rektor menambahkan, dalam rangka mendorong lebih banyak kerjasama IPB dengan mitra di Swiss, maka ada beberapa skema pendanaan dari Swiss yang dapat dimanfaatkan untuk program, seperti program short visit bagi peneliti Indonesia, program penelitian Sustainable Development Goal, dan program beasiswa S3 untuk belajar di Swiss.

 

Sementara, Menteri Pendidikan Swiss Mr. Mauro Dell’ambrogio menyampaikan, pihaknya menyediakan skema beasiswa bagi mahasiswa program doktor di Swiss untuk melakukan mobilitas ke luar negeri, termasuk Indonesia selama 6-12 bulan. Dengan skema ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah mahasiswa asing khususnya negara Swiss untuk belajar dan menggali ilmu di IPB.

 

Tampak hadir dalam kegiatan ini diantaranya Wakil Rektor bidang Riset dan Kerjasama IPB Prof.Dr. Anas Miftah Fauzi, Direktur Kerjasama dan Program Internasional (KSPI) IPB Dr. Eddy Hartulistiyoso, sejumlah peneliti dan dosen IPB. Pertemuan ini diakhiri dengan kunjungan ke PT IPB SHIGETA Animal Pharmaceutical yang bergerak di bidang produksi obat hewan. (Awl)

 

Kontak : Dr. Eddy Hartulistiyoso  HP. 081286744519