LKST IPB University Gelar Workshop Matching Fund Batch 1 Tahun 2023

LKST IPB University Gelar Workshop Matching Fund Batch 1 Tahun 2023

lkst-ipb-university-gelar-workshop-matching-fund-batch-1-tahun-2023-news
Berita

Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) IPB University hadirkan 17 peneliti/inovator untuk mengikuti kegiatan Workshop Matching Fund Batch 1 Tahun 2023. Pada kesempatan itu, para inovator mendapat pemaparan terkait sistem keuangan, sistem pengadaan dan audit internal IPB University. Kegiatan ini dilaksanakan di Ballroom Gedung Startup, Science Techno Park (STP) IPB University, Kampus Taman Kencana, Bogor (12/6).

Dalam sambutannya, Kepala LKST IPB University, Prof Erika B Laconi menyampaikan,  melalui acara ini pihaknya ingin memastikan semua mitra untuk terus menjalin kerjasama.

“Proposal kita di tahun lalu ada 65 yang didanai dari hampir 70 proposal yang diajukan,” tutur Prof Erika. Ia berharap, setiap tahun ada peningkatan kuantitas penerima dana dalam program Kedaireka.

Lebih lanjut, dengan karya-karya yang telah dihasilkan, Prof Erika ingin ada tiga manfaat bagi dosen dengan inovasinya.

“Pertama, meski nanti dosen pensiun atau selesai tugas, tetapi inovasi dengan masyarakat tidak pernah akan selesai. Oleh sebab itu, LKST IPB University akan menjembatani para peneliti atau inovator untuk bisa bermitra dengan industri atas royalti dari karya intelektual yang sudah dihasilkan,” ujarnya.

Kedua, lanjut Prof Erika, dosen sebagai pakar harus juga dihargai sebagai narasumber kepakarannya. Ketiga, apabila ada perusahaan yang tumbuh dan berkembang melalui startup, harapannya satu atau dua dari inovator bisa menjadi komisaris di perusahaan tersebut, sehingga bisa dilakukan monitoring dari inovasi yang ada.

Sementara itu, Dr Tri Prartono, Wakil Kepala LKST IPB University bidang Inovasi dan Alih Teknologi mengucapkan rasa syukur, karena tahun ini IPB University mendapatkan dua penghargaan terbaik, yakni Pemerolehan Kontribusi Mitra Terbesar dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan IPB University terpilih sebagai penyelenggara program dana padanan matching fund terbaik.

“Hal ini tidak lepas dari kita bersama, bukan dari LKST IPB University saja tapi juga semua pihak yang terlibat dan selalu mengikuti,” kata dia. Pada akhir acara dilakukan penandatanganan Kontrak Penugasan Program Matching Fund Tahun 2023. (Ns)