Guru Senior High School of Singapore Berkunjung ke IPB

Guru Senior High School of Singapore Berkunjung ke IPB

Berita

Sebanyak 15 guru Sekolah Menengah Atas unggulan dari Singapura mengunjungi Institut Pertanian Bogor (IPB) Selasa (27/5). Rombongan ini diterima langsung Direktur Kemahasiswaan IPB, Dr. Rimbawan bersama jajaran Humas IPB di Ruang Eksekutif Lounge,Kampus IPB Baranangsiang.

Kedatangan tamu dari Singapura ini, dalam rangka mempelajari khazanah keragaman budaya yang ada di Indonesia. "Kami memilih Indonesia karena negeri ini memiliki kekayaan budaya dan religi (agama)," papar Pimpinan Rombongan, Prof. Victor Savage dari Singapura.

Lebih lanjut, Prof. Victor mengatakan alasan kunjungannya ke Indonesia, karena negara ini memiliki potensi pertanian lebih baik dibanding Singapura yang lebih mengandalkan sektor industri dan corporate.

Dalam sambutannya Dr. Rimbawan menyampaikan apresiasi kepada rombongan yang telah singgah di IPB. Dr. Rimbawan bersama Tim Humas IPB mengenalkan profil IPB sebagai perguruan tinggi pertanian yang memiliki kompetensi utama di bidang pertanian tropika, termasuk tekad IPB menjadi World Class University.

Yang menarik, dalam sesi diskusi, tamu-tamu dari Singapura tersebut banyak menanyakan keragaman suku-suku di Indonesia. Khususnya suku-suku di Pulau Jawa yang meliputi karakter masyarakat, warna kulit, sampai selera makan daerah di Indonesia. Sempat terlontar pertanyaan berkaitan dengan friksi-friksi yang terjadi antara Indonesia dengan negara lain, akibat klaim kepemilikan kebudayaan seperti Batik, Tempe, Angklung, dan kesenian daerah lainnya.

Terkait dengan hal ini, IPB sudah beberapa kali dijadikan tempat menggali budaya Indonesia oleh beberapa institusi di negara-negara tetangga. Tahun-tahun sebelumnya, mahasiswa Korea secara rutin melakukan kunjungan serupa ke IPB. (My)