KUKUM Jalin Kerjasama dengan IPB

KUKUM Jalin Kerjasama dengan IPB

Berita

Kolej Universiti Kejuruteraan Utama Malaysia (KUKUM) (Northern Malaysia University College of Engineering) menjalin kerjasama dalam bidang pertukaran sumberdaya manusia, kepakaran dan teknologi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), Jum’at (20/1) di Ruang Sidang Rektor Kampus IPB Darmaga, Bogor.

Jalinan kerjasama tersebut dihadiri Rektor KUKUM, YBhg. Lt. Kol. Prof. Dato’ Dr. Kamarudin B, bersama tiga orang stafnya, Timbalan Rektor Bidang Penyelidik dan Inovasi, YBhg. Prof. Jul Azhar Zabird jamet, (setingkat wakil rector), Dekan Pusat Pengkajian Kejuruteraan Mikroelektronika, Prof. Madya Zaiman Sadi dan Pegawai Tadbir Pengantaranbangsaan, Nur isyalliena Binti Ishak.

Sementara IPB dihadiri Wakil Rektor IV IPB, Dr. Asep Saefuddin, M.Sc., Kepala Kantor Prohumasi IPB, drh. RP. Agus Lelana, SpMp. MS., bersama pakar dari Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

“Kerjasama kepakaran ini bukan hanya dikerjasamakan dengan IPB, sebelumnnya juga telah terjalin kerjasama dengan universitas Sumatera utara (USU) dan Trisakti Jakarta. Dari USU kita sudah mendapatkan sekitar 12 orang pakar dibidangnnya untuk membantu KUKUM, “ ujar Rektor KUKUM.

Menurutnya, KUKUM yang baru berdiri tiga tahun lalu dan termasuk perguruan tinggi termuda di Malaysia itu membutuhkan kepakaran yang tidak sedikit dalam membangun jatidirinya. . “IPB memiliki SDM yang banyak serta handal, sementara KUKUM memiliki teknologi yang tidak diragukan lagi. Untuk itu tidak ada salahnya menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dikedua universitas,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV dalam menanggapi Rektor KUKUM mengatakan, kerjasama yang telah terjalin ini diharapkan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan bidang dan pakarnnya.

“Pada dasarnya banyak bidang-bidang yang bisa dikerjasamakan dengan KUKUM yang sebagian besar jurusannya teknik itu. Diantaranya bidang Bioprocessing, Biotechnology, Biofarmaka, Genetik Engineering, Meteorology dan sebagainya,” ujarnya.

Wakil Rektor IV juga mengatakan, peluang kerjasama dengan KUKUM ini tidak sebatas kepakaran, namun bisa dimanfaatkan dengan saling menukar mahasiswa atau dosen. (man)