Delegasi Partai Komunis Vietnam Berkunjung Ke IPB

Delegasi Partai Komunis Vietnam Berkunjung Ke IPB

Berita

Lima anggota delegasi Vietnam dari Komisi Pusat Sains dan Pendidikan (Central Commision for Science and Education(CCSE) Partai Komunis Vietnam berkunjung ke Institut Pertanian Bogor (IPB) Jum’at (3/3). Kelima delegasi tersebut disambut hangat oleh Kepala Kantor Program Internasional, Dr. Ir Ma’mun Sarma di Gedung Rektorat Kampus IPB Darmaga.

Prof Pham Manh Hung MD, DSC, Vice Chairman of The CCSE dari Comunist Party of Vietnam mengatakan, tujuan kunjungan rombogannya ke IPB adalah untuk belajar banyak mengenai pertanian khususnya kemajuan bioteknologinya. “Hari Senin kemarin kami berkunjung ke Kementrian Riset dan Teknologi, di sana, kami melihat berbagai spesies baru hasil penelitian dari IPB. Melihat hasil penelitian tersebut kami ingin belajar banyak mengenai kemajuan bioteknologi bidang pertanian di IPB,” jelas Prof Hung.

“Kami mengucapkan selamat datang bagi delegasi Vietnam, sejak lama kita membina hubungan kerjasama dengan Vietnam khususnya mengenai beras Saigon dahulu,” kata Ma’mun. Selanjutnya, Ma’mun mempresentasikan mengenai IPB. Usai presentasi, dilanjutnya diskusi.

Prof Hung menanyakan mengenai beberapa hal terkait bagaimana mengkombinasikan penelitian dan pengajaran di IPB, gaji staf pengajar di IPB, dan kerjasama riset dengan lembaga lain.

“IPB sendiri memiliki tiga pilar yang disebut Tri Dharma, setiap dosen memiliki 3 kewajiban yakni pengajaran, penelitian dan empowerment community (pemberdayaan masyarakat),” jawab Ma’mun. IPB memiliki 13 pusat penelitian, bila ada program penelitian mahasiswa dilibatkan didalamnya. IPB juga banyak menjalin kerjasama penelitian dengan berbagai lembaga atau instansi daerah, nasional, internasional dan industri. Diskusi singkat tesebut diakhiri dengan tukar-menukar cinderamata. Setelah itu, rombongan berkunjung ke Southeat Asian Food and Agriculture Science Technology Center(SEAFAST) IPB yang didampingi Dr Lilis Nuraida. (ris)