Penanaman dan Pohon Asuh TEDC (The Earth Day Celebration, “ Alamku Masa Depanku”)

Penanaman dan Pohon Asuh TEDC (The Earth Day Celebration, “ Alamku Masa Depanku”)

Berita

Prof. Dr. Ir. Yusuf Sudo Hadi, M.Sc, Wakil Rektor III Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penanaman pertama dalam kegiatan Penanaman dan Pohon asuh yang diprakarsai oleh BEM KM, BEM FAKULTAS, HIMPRO dan UKM se-IPB. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari TEDC (The Earth Day Celebration, “Alamku Masa Depanku”) yang diadakan di sekitar danau LSI, Kampus IPB Darmaga, (14/5).

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya di IPB dan berakhir sampai disini saja tetapi terus berlanjut kedepannya dan bisa diaplikasikan keluar IPB. “ tutur Dr. Ir. Yusuf dalam pembukaannya.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc. Wakil Rektor II, Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc, Wakil rektor IV, Dr. Ir. Cahyo Wibowo Drh. R.P. Agus Lelana, SpMP.Msi Kepala kantor Prohumasi dan sekitar 84 mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan ini berhasil menanam 15 jenis pohon. Dengan berbekal peralatan yang sederhana seperti cangkul, alat siram, ember, dan kompos, telah tertanam sebanyak 205 bibit pohon yang didapat dari Tlogoarto Nursery (Departemen Silvikultur, IPB).

Dengan akan dibangunnya Fakultas Kehutanan beberapa tahun mendatang di hutan lindung yang sudah menjadi habitat satwa burung, penanaman dan pohon asuh ini diadakan sebagai back up atau sebagai habitat pengganti bagi burung-burung tersebut. Selain itu juga sebagai pioneer bagi mahasiswa-mahasiswa yang lain agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Jenis-jenis tanaman yang dibudidayakan ini semacam suren leuweung (Toona sp) 25 bibit, kenari (Cannarium commune) 10 bibit, vatika ( Vatika wallichii) 50 bibit, tanjung ( Mimusops elengi) 5 bibit, pulai (Alstonia scholaris) 10 bibit, kisereum 10 bibit, eboni (Diospiros celebica) 20 bibit, matoa (Pometia pinnata) 5 bibit, kayu putih (Malarica tajuputi) 5 bibit, bayur 10 bibit, merbau (Intsia bijuga) 20 bibit, ketapang (Terminalia cattapa) 5 bibit, manglid (Magnolia sp) 10 bibit, keruing (Dipterocarpus trinerfis) 5 bibit, suren (Toona sureni) 15 bibit.(zul)