IPB Teken MOU dengan Czech University of Agriculture (CUA) Prague Republik Czech

IPB Teken MOU dengan Czech University of Agriculture (CUA) Prague Republik Czech

Berita

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Ahmad Ansori Mattjik menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan University of Agriculture (CUA) Prague Republik Czech pecahan Republik Ceko, Selasa (13/6) di Ruang Sidang Rektor Kampus IPB Darmaga.

Kesepahaman tersebut berisi kerjasama di bidang pertukaran mahasiswa kedua perguruan tinggi, pertukaran staf pengajar dan penelitian keanekaragaman hayati subtropis dan tropis.

“Perguruan kami telah melakukan berbagai kerjasama dengan perguruan tinggi lain di berbagai negara seperti Amerika Utara, Afrika, Eropa dan Asia. Sekarang kami menjalin kerjasama dengan IPB, salah satu perguruan tinggi terkenal dan berkualitas baik di Indonesia,” kata Rektor CUA Prague, Prof Ing Jan Hron didampingi Wakil Dekan Hubungan Internasionalnya, Prof Frantisek Kumhala.

Mereka menjalin kerjasama untuk meningkatkan kualitas pengelolaan sumberdaya di Czech.”Kami tidak ingin hanya mengembangkan pertanian saja, namun pengembangan sumberdaya alam yang lebih luas,” kata Jan.

Rektor IPB menambahkan kerjasama yang lebih detail akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. “Kerjasama ini berlaku selama 5 tahun ke depan. IPB ingin selalu mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak di negara-negara lain. IPB ingin mengembangkan jejaring yang luas,” kata Rektor IPB.

Dalam kerjasama tersebut, mahasiswa yang ikut pertukaran pada kedua perguruan tinggi masing-masing akan dibebaskan biaya SPP-nya. Republik Czech merupakan negara kecil dengan jumlah penduduk sekitar 10 juta orang. Czech memiliki 25 perguruan tinggi yang tersebar di wilayahnya, namun hanya 2 perguruan tinggi yang memfokuskan diri pada pertanian salah satunya CUA Prague.(ris)